Al Zahrawi

Penemu Gips

Seorang pakar kedokteran yang masyhur di zamannya, Bahkan hingga lima abad setelah dia meninggal. Abul Qasim Khalaf ibn al-Abbas az-Zahrawi atau Al-Zahrawi. Di dunia Barat lebih dikenal dengan nama Abulcasis, lahir di tahun 936 M, di kota Al Zahra, dekat Kordoba, Andalusia. Yang sekarang menjadi negara Spanyol.

Salah satu sumbangan pemikiran Al Zahrawi, yang begitu besar bagi kemajuan perkembangan ilmu kedokteran modern adalah, penggunaan gips bagi penderita patah tulang,Agar tulang yang patah bisa tersambung kembali. Sedangkan tulang yang geser, bisa kembali ke tempatnya semula. Az Zahrawi bahkan menjelaskan secara detail, cara penanganan tulang yang patah atau bergeser. Subhanallah...

Semua penjelasannya rinci, terangkum dalam salah satu karyanaya yang fenomenal, Kitab Al-Tasrif. Kitab tersebut berisi tentang aneka obat-obatan yang diperlukan, untuk penyembuhan setelah operasi Dalam membuat obat-obatan. Dia juga mengenalkan tehnik sublimasi yang dipakai hingga saat ini. Kitab Al Tasrif, sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa Ibrani dan Latin. Pernah juga diterbitkan di Venice pada tahun 1471, dengan judul Liber Servitoris.

 

Program Pencerahan TV

Jadwal Program

Jum'at 23 Juni 2017